June 20, 2021

twopadstack.net

Website personal yang unik dan menarik

6 Prinsip Penyajian Susu Formula yang Perlu Dipahami Orang Tua

6 Prinsip Penyajian Susu Formula yang Perlu Dipahami Orang Tua

Minum susu formula secara rutin akan membantu memenuhi kebutuhan gizi buah hati. Sebagai orang tua Anda bisa menyajikan susu formula kepada anak dengan metode yang tepat. Mulai dari beli SGM yang merupakan susu formula nutrisi lengkap hingga memperhatikan cara penyajiannya yang tepat.

Penyajian Susu Formula

Membuat susu untuk anak ternyata tidak bisa asal-asalan. Susu formula perlu disajikan dengan cara yang tepat sehingga kandungan gizinya benar-benar terjaga utuh sampai diminum. Berikut akan dibahas 6 prinsip penyajian susu formula yang seharusnya dipahami setiap orang tua.

1.     Pilih Produk Susu yang Tepat

Prinsip pertama yang harus dipahami adalah pemilihan susu formula yang tepat. Pastikan susu formula sudah sesuai dengan angka usia si kecil. Anda bisa beli SGM yang dikenal sebagai produk susu formula gizi lengkap yang bagus untuk pertumbuhan buah hati.

2.     Selalu Dalam Kondisi Bersih

Prinsip berikutnya adalah jaga kebersihan. Bukan hanya kebersihan tangan tapi juga alat-alat yang dipakai untuk membuat susu. Pastikan botol-botol yang akan dipakai untuk minum susu sudah dicuci bersih. Kontaminasi bakteri bisa saja terjadi dan mencemari susu yang akan diminum oleh buah hati. Jika hal ini terjadi maka bisa memicu gangguan kesehatan pada tubuh anak Anda.

3.     Jangan Pakai Air Mendidih

Hindari menyeduh susu dengan menggunakan air mendidih. Anda disarankan untuk merebus air dulu sampai mendidih kemudian mendiamkannya 10 menit saja. Barulah air tersebut bisa digunakan untuk melarutkan susu. Langkah ini dilakukan untuk menjaga kandungan gizi yang ada dalam susu formula.

4.     Tuangkan Air Dulu

Jangan memasukkan susu bubuk terlebih dahulu ke botol minum susu. Masukkan air terlebih dahulu baru kemudian susu bubuknya. Urutan ini perlu diperhatikan untuk mempermudah Anda mendapatkan takaran air yang tepat. Jika bubuk susu dimasukkan terlebih dahulu maka Anda akan kesulitan menemukan takaran air sesuai petunjuk pembuatan.

5.     Ikuti Aturan Pembuatan

Pada kemasan susu formula pasti selalu ada aturan pembuatannya. Aturan ini tidak dibuat untuk sekadar iseng tapi sebagai petunjuk bagi orang tua. Ikuti saja aturan pembuatan susu lengkap dengan takaran air juga bubuk susu yang dibutuhkan.

6.     Berikan Susu Formula Secepatnya

Setelah selesai diseduh, pastikan untuk memberikan susu kepada si kecil secepatnya. Jika suhunya masih panas maka dinginkan terlebih dahulu. Setelah cukup dingin, mintalah anak untuk segera menghabiskan susu tersebut. Jika ada susu sisa, jangan diberikan kembali apalagi jika sudah lewat dari 2 jam.

Itulah tadi 6 prinsip penting penyajian susu formula pada anak. Anda bisa membaca artikel-artikel menarik di Orami Parenting untuk mendapat informasi lainnya. Sebagai orang tua memang sudah seharusnya selalu haus ilmu dan belajar banyak seputar pertumbuhan juga perkembangan si kecil.