August 7, 2020

twopadstack.net

Website personal yang unik dan menarik

Penyebab, Tanda dan Gejala Kanker paru-paru

Penyebab,  Tanda dan Gejala Kanker paru-paru

Kanker paru-paru dibagi menjadi dua tipe utama: kanker paru-paru sel kecil dan kanker paru-paru non-sel kecil, tergantung pada bentuk sel di bawah mikroskop. Setiap jenis kanker berkembang dan menyebar dengan cara yang berbeda dan diperlakukan berbeda.

Kanker paru-paru sel non-kecil lebih umum daripada kanker paru-paru sel kecil (sekitar 80%) dan biasanya tumbuh dan menyebar lebih lambat. Ada tiga jenis kanker paru-paru sel non-kecil. Mereka dinamai berdasarkan jenis sel dari mana kanker itu ditemukan

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang dimulai di paru-paru. Paru-paru adalah bagian tubuh yang mengandung oksigen yang menghirup masuk dan karbon dioksida dilepaskan dari pernapasan.

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian kanker di Amerika Serikat, pada pria dan wanita. Kanker paru-paru mati setiap tahun daripada usus besar, prostat, ovarium, getah bening dan kanker payudara.

Perokok berisiko terbesar terkena kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru meningkat seiring lamanya waktu dan jumlah rokok yang dihisap. Jika Anda berhenti merokok, bahkan setelah merokok selama bertahun-tahun, dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Perkembangan: karsinoma sel skuamosa (juga disebut karsinoma epidermoid), adenokarsinoma dan karsinoma sel besar.

Tanda dan Gejala Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru biasanya tidak menghasilkan tanda dan gejala pada tahap awal. Tanda dan gejala kanker paru biasanya hanya terjadi ketika penyakitnya meningkat.

  • Batuk dan memburuk.
  • Nyeri dada yang sering.
  • Batuk darah
  • Sesak nafas, hidung tersumbat, suara serak.
  • Pneumonia dan bronkitis rekuren.
  • Edema wajah dan leher.
  • Hilangnya nafsu makan atau penurunan berat badan.
  • Kelelahan

Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh kanker paru-paru atau mungkin juga disebabkan oleh kondisi lain. Penting untuk menemui dokter.

Kapan harus menemui dokter?

  • Buat janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda atau gejala yang parah.
  • Jika Anda merokok dan ingin berhenti untuk mengurangi risiko kanker paru-paru, buatlah janji dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat merekomendasikan strategi, seperti konseling, obat-obatan, dan produk pengganti nikotin.

Penyebab Kanker Paru-paru

Penyebab utama kanker paru-paru termasuk karsinogen (seperti asap rokok), radiasi pengion, dan infeksi virus. Paparan jangka panjang terhadap faktor-faktor ini menyebabkan akumulasi perubahan DNA dari jaringan di dalam paru-paru (yaitu epitel bronkus). Karena semakin banyak jaringan rusak, akhirnya mengarah ke kanker.

  • Asap rokok

Merokok adalah penyebab kanker paru-paru. Zat beracun, yang disebut karsinogen, hadir dalam tembakau yang merusak sel-sel di paru-paru. Secara bertahap, sel-sel ini bisa menjadi kanker. Probabilitas kanker paru-paru perokok tergantung pada usia orang yang mulai merokok, lama waktu merokok, jumlah rokok yang dihisap dalam sehari, dan tingkat inhalasi. Berhenti merokok dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker paru-paru. Perokok dan perokok pasif lainnya memiliki risiko yang sama.

  • Radon

Radon adalah gas radioaktif yang tidak berwarna, tidak berasa, yang tidak terlihat oleh mata telanjang di alam dalam kerikil dan batu. Dapat merusak paru-paru dan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Pekerja tambang terkena radon dan di beberapa bagian radon Amerika Serikat ditemukan di rumah-rumah. Merokok juga meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru pada orang yang berisiko terkena penyakit ini dari paparan radon. Kit yang tersedia di toko-toko logam memungkinkan pemilik rumah untuk mengukur tingkat radon di rumah mereka. Memeriksa tingkat radon di rumah adalah tugas yang relatif mudah dan murah. Setelah masalah radon telah diatasi, ancamannya hilang.

  • Asbes

Asbestos adalah nama yang diberikan kepada sekelompok mineral yang secara alami terjadi dalam bentuk serat dan digunakan dalam sejumlah industri. Amiang memiliki dua kelompok besar, kelompok amphibole dan kelompok serpentine (chrysotile atau asbestos putih). Penyerapan dan retensi amfibol di paru-paru sulit dihilangkan. Serat amphibole adalah penyebab utama penyakit seperti kanker paru-paru, mesothelioma. Saat ini, tambang asbes amfibi ditutup di seluruh dunia, hanya sejumlah kecil produk yang mengandung benang ini yang digunakan di dunia. Kelompok serpentine (asbestos putih) adalah satu-satunya kelompok serat asbestos yang diizinkan berdagang antar negara. Amiang putih untuk memasuki paru-paru setelah jangka waktu 0,3 hingga 11 hari akan hancur dan dikeluarkan dari tubuh. Karena itu, serat jenis ini tidak menimbulkan gejala kanker.

  • Polusi

Para peneliti telah menemukan hubungan antara kanker paru-paru dan paparan polutan udara tertentu, seperti produk sampingan yang dihasilkan selama pembakaran dan bahan bakar diesel. Namun, hubungan ini belum jelas dan masih dipelajari.

  • Riwayat pribadi

Seseorang yang pernah menderita kanker paru-paru dua kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada orang yang tidak pernah menderita kanker paru-paru. Berhenti merokok setelah didiagnosis dengan kanker paru-paru dapat mencegah kemungkinan kedua kanker paru-paru.

Peneliti terus mengeksplorasi penyebab kanker paru dan mencari cara untuk mencegahnya. Kita tahu bahwa cara terbaik untuk mencegah kanker paru adalah berhenti merokok (atau tidak pernah merokok). Semakin awal Anda berhenti merokok, semakin baik. Bahkan jika Anda telah merokok selama bertahun-tahun, berhenti merokok tidak pernah terlambat.

Jenis kanker paru-paru

Dokter membagi kanker paru menjadi dua jenis utama berdasarkan tampilan sel kanker paru-paru di bawah mikroskop. Dokter memutuskan pengobatan berdasarkan jenis kanker paru-paru. Dua jenis kanker paru-paru termasuk:

  • Kanker paru-paru sel kecil

Ini terjadi terutama pada perokok dan kurang umum dibandingkan kanker paru-paru sel non-kecil.

  • Kanker paru-paru non sel kecil

Merupakan istilah umum untuk beberapa jenis kanker paru dengan cara yang sama. Termasuk karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma sel besar.