May 7, 2021

twopadstack.net

Website personal yang unik dan menarik

SIMAK 3 SKEMA PAJAK YANG ADA PADA PADI UMKM B2B

SIMAK 3 SKEMA PAJAK YANG ADA PADA PADI UMKM B2B

Marketplace pengadaan barang BUMN ini memiliki vendor yang terverifikasi dan diperiksa secara bertahap demi terciptanya transaksi yang berkualitas dan terpercaya untuk jangka Panjang antara UMKM dan BUMN yang nantinya akan saling terhubung. Berbelanja dari vendor terverifikasi  yaitu UMKM yang telah Daftar UMKM PaDi dengan kualitas produk yang terjamin mutunya menjadi suatu keharusan dalam berbelanja untuk segala kebutuhan pada kantor para pembeli.

Platform digital pengadaan barang BUMN ini juga memudahkan BUMN dalam berbelanja produk berkualitas mengingat Menteri BUMN menghimbau untuk BUMN agar dapat menghidupkan UMKM sebagai penopang keuangan negara terutama di masa sulit seperti saat pandemic datang dan berlangsung hingga sekarang ini.

PaDi UMKM B2B telah memberikan kemudahan bagi para pelanggan dengan adanya fitur penghitungan pajak yang terotomatisasi. Meskipun demikian, akan lebih baik jika kita mengenal lebih dalam tentang sistem dan tata cara perpajakan di PaDi UMKM B2B sebelum Anda Daftar UMKM PaDi. Sebelum membahas soal perpajakan yang ada di PaDi UMKM B2B, mari kita kenal dulu istilah untuk penjual dan pembeli berdasarkan kewajiban perpajakannya:

3 Skema Pajak di PaDi UMKM B2B yang perlu diketahui sebelum Daftar UMKM PaDi yaitu : Pajak Transaksi (PPn & PPh), Pada setiap transaksi yang dilakukan di PaDi UMKM B2B akan berlaku penghitungan pajak PPn dan PPh berdasarkan jenis pembeli dan penjual yang bertransaksi (WAPU, Non WAPU, PKP, Non PKP), besaran nilai transaksi, dan jenis barang yang di transaksikan (lihat pada bagian I).

Selanjutnya yang perlu diketahui sebelum Daftar UMKM PaDi yaitu Pajak Biaya Transaksi (PPn & PPh), Pajak yang dikenakan kepada pembeli (BUMN) terhadap pembayaran biaya transaksi yang ditagihkan oleh PaDi UMKM B2B. Penghitungan pajak PPn yang dikenakan kepada pembeli berdasarkan jumlah tagihan biaya transaksi yang ditagihkan. Pajak PPn biaya transaksi akan disetorkan oleh PaDi UMKM B2B dan faktur pajak bisa diunduh oleh pembeli (BUMN). Sedangkan untuk penghitungan PPh, akan berlaku PPh 23 atas jasa yang nantinya akan disetorkan oleh pihak pembeli (BUMN).

Cara mengunduh faktur pajak biaya transaksi yang perlu diketahui sebelum Daftar UMKM PaDi yaitu : Login akun pembeli Anda di padiumkm.id, Buka menu Biaya Transaksi pada dashboard Anda. Pilih Biaya Transaksi. Klik Lihat Detail. Pada bagian kanan bawah terdapat bagian Dokumen Transaksi. Klik tab Pajak. Lalu klik Faktur Pajak PPn. Pajak Ongkos kirim (PPn) Penghitungan pajak atas ongkos kirim terjadi pada saat pembeli melakukan checkout pemesanan di PaDi UMKM B2B. Penghitungan Pajak PPn diberlakukan terhadap total harga barang dan ongkos kirim pada masing-masing transaksi yang dilakukan.

Catatan yang perlu diketahui sebelum Daftar UMKM PaDi : Khusus untuk Penjual PKP di PaDi UMKM B2B, segera unggah faktur pajak transaksi Anda melalui website PaDi UMKM B2B sesaat setelah invoice transaksi Anda terbit agar tidak menghambat proses penyelesaian transaksi dan pembayaran. (Jika Anda bukan merupakan penjual PKP (non-PKP), tidak perlu melakukan unggah faktur pajak). Jika transaksi sampai dengan Rp10 juta (include PPn), maka faktur pajak yang di unggah kode 010. Jika transaksi di atas Rp10 juta (include PPn), maka faktur pajak yang di unggah kode 030.